Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori, Begini Cara Mudahnya


Untuk tetap bertahan hidup, tubuh manusia mesti memerlukan asupan kalori yang cukup setiap harinya. Kalori memiliki peran penting untuk memberikan energi yang berguna bagi tubuh agar dapat beraktivitas.

Kalori dapat diartikan sebagai satuan unit kandungan dari panas dan energi yang ada di dalam tubuh manusia. Tubuh akan mendapatkan kalori dari asupan makanan dan minuman yang nantinya akan terbakar seiring melakukan aktivitas sehari-hari. Uniknya kebutuhan kalori pada tiap-tiap orang memiliki jumlah yang berbeda-beda tergantung bobotnya.

Karena itu, penting bagi kita mengetahui berapa jumlah kalori yang kita butuhkan setiap harinya. Lalu bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian, berikut simak caranya di bawah ini. 

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh menurut Rumus Basal Metabolic Rate (BMR)

Ada perbedaan terkait kebutuhan kalori bagi seorang pria dan wanita. Bagi pria dewasa umumnya membutuhkan sekitar 1.800 – 2.100 kalori per hari sedangkan pada wanita dewasa membutuhkan sekitar 1.500 – 1.800 kalori per hari.

Namun, Anda tidak perlu bingung  bagaimana cara menghitungnya. Berikut ini akan disajikan cara mudah menghitung kalori harian dengan menggunakan rumus hitungan Basal Metabolic Rate (BMR). Rumus BMR ini dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, berat badan dan tinggi badan

Berikut adalah rumus perhitungannya.

  • Rumus menghitung kalori laki-laki: (88,4 + 13,4 x massa tubuh dalam KG) + (4,8 x tinggi badan CM) - (5,68 x Umur)
  • Rumus menghitung kalori perempuan: (447,6 + 9,25 x massa tubuh dalam KG) + (3,10 x tinggi badan CM) - (4,33 x Umur)

Setelah mengetahui hasil hitungan BMR tersebut, Anda perlu mengkalikannya dengan angka aktivitas harian di mana biasanya di kisaran 1,2 sampai 1,9. Semakin rendah aktivitas hariannya maka akan berbanding lurus dengan rendah angkanya. Hasil dari pengkalian angka BMR dan angka aktivitas fisik inilah yang merupakan jumlah kalori harian yang semestinya Anda penuhi.

Bagaimana apakah Anda sudah menemukan hasil kebutuhan kalori harian Anda? Lalu bagaimana cara memenuhinya?

Cara Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

Untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan kalori harian, Anda dapat memulainya dengan mengetahui jumlah kalori makanan yang akan Anda konsumsi. Seperti contoh berikut ini. 

  1. Nasi putih (100gr) : 175 kkal
  2. Roti tawar serat tinggi (60gr) : 149 kkal
  3. Singkong rebus (100gr) : 146 kkal
  4. Telur dadar (75gr) : 188 kkal
  5. Sarur bening bayam (70gr) : 150 kkal
  6. Ikan tuna goreng (60gr) : 110 kkal
  7. Pepaya (100gr) : 46 kkal

Selain memakan makanan yang bergizi dengan kalori yang  seimbang, akan lebih lagi jika Anda mengonsumsi susu sebagai pelengkap nutrisi harian. Seperti susu Ensure, susu rendah lakstosa dan kaya akan nutrisi dan mengandung 190 kalori dalam 1 gelas (230 ml).

Ada  varian rasa vanilla dan chocolate yang lezat dan tentunya menyehatkan tubuh. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan konsumsi kebutuhan kalori Anda secara seimbang dan tidak lupa lengkapi kebutuhan kalori harian Anda dengan susu Ensure.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Kebutuhan Kalori, Begini Cara Mudahnya"