Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Celebrate Double Ninth Festival, Apakah Itu?


Celebrate double ninth festival adalah sebuah perayaan nasional dari negara Tiongkok. Dalam bahasa Indonesia, artinya perayaan festival sembilan-sembilan.

Sebagaimana namanya, perayaan ini dilaksanakan setiap tanggal 9 bulan 9. Tujuannya adalah mengenang dan menghormati para tetua dan leluhur yang sudah banyak berjasa bagi generasi-generasi selanjutnya. 

Festival sembilan-sembilan masuk dalam kategori perayaan tradisional dari negara Tiongkok karena sudah dipraktekkan selama puluhan tahun. Itulah mengapa momen tersebut menarik untuk kita bahas pada kesempatan kali ini.

Fakta Lengkap Celebrate Double Ninth Festival

1. Disebut Juga Hari Warga Lansia 

Sebagaimana sempat kita singgung di atas, double nine festival adalah perayaan dalam rangka menghormati orang tua dan seluruh leluhur. Para lansia dianggap memiliki kedudukan paling tinggi karena sudah merasakan asam-garam kehidupan.

Kepercayaan tersebut juga sesuai dengan falsafah angka sembilan dalam nama festival ini. Sembilan dipercaya sebagai angka tertinggi sehingga memiliki kedudukan yang istimewa.

2. Terdapat di Beberapa Negara Lain

Selain di Tiongkok, ritual serupa juga terdapat di beberapa negara sekitarnya. Yang membedakan adalah nama perayaan tersebut. 

Selain double ninth festival China, ada juga Chung Yeung di negara Hongkong, Krisantenumi di Jepang, dan Tet Trung Cuu di Vietnam. 

3. Doa Panjang Umur

Secara filosofis, celebrate double ninth festival mengandung harapan baik untuk umur panjang dan kesehatan. Angka 9 merupakan lambang dari yang atau energi positif.

Untuk merayakan penghormatan dan doa tersebut, semua orang akan bersuka cita merayakan festival ini. Mereka biasa mengekpresikannya dalam berbagai bentuk kegiatan yang menyenangkan.

4. Hari Makan-Makan

Setiap menjelang  tanggal 9 bulan 9 kalender china, seluruh warga Tiongkok akan berbondong-bondong mempersiapkan rumah dan hidangan mereka. Hari perayaan umumnya diisi dengan berkumpul bersama keluarga dan menikmati berbagai hidangan. 

Salah satu camilan yang tidak boleh terlewatkan adalah biskuit Danisa dari royaldanisa.com. Biskuit dengan kelezatan internasional ini menjadi hidangan yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua kalangan usia.

Maksimalkan kebahagiaan di celebrate double ninth festival dengan menghabiskan waktu bersama seluruh anggota keluarga. Sayang sekali, festival serupa belum ada di Indonesia. 

Posting Komentar untuk "Celebrate Double Ninth Festival, Apakah Itu?"