Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Anda yang Dimaksud dengan Tindakan Medis Veneer Gigi? Begini Penjelasannya Menurut SehatQ.com

Tahukah Anda yang Dimaksud dengan Tindakan Medis Veneer Gigi? Begini Penjelasannya Menurut SehatQ.com

Veneer, istilah yang mungkin masih belum familiar di telinga Anda. Veneer gigi merupakan tindakan pemasangan lapisan buatan pada permukaan gigi dengan tujuan mengubah warna, bentuk, serta posisinya agar gigi Anda kembali nampak sehat, rapi dan juga utuh. Umumnya veneer dilakukan untuk mengatasi gigi renggang, berwarna kuning ataupun berlubang.

Meski dapat dibuat dari beragam bahan, tetapi di Indonesia umumnya veneer menggunakan bahan porselen atau resin. Tiap bahan yang dipergunakan memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal itu juga berpengaruh pada besarnya biaya untuk melakukan tindakan medis veneer dan juga sisi estetika dari hasilnya.

Amankah Tindakan Medis Veneer Gigi Bagi Semua Orang?

Proses veneer merupakan tindakan medis cepat yang harus dilakukan oleh dokter gigi. Sebab jika dilakukan oleh yang bukan ahlinya dapat menimbulkan kerusakan baik pada gusi maupun gigi. Meski ditangani langsung oleh dokter gigi, bukan berarti semua orang dapat melakukan perawatan ini. Lalu, siapa yang tidak diperbolehkan?

Veneer bukanlah solusi akhir yang bersifat harus dilakukan. Tindakan ini lebih kepada sebuah pilihan. Terlebih lagi tidak semua orang dalam kondisi yang cocok atau diperbolehkan menjalani veneer pada gigi.

Orang-orang yang memiliki gigi berlubang, menderita penyakit gusi atau memerlukan root planing adalah contoh orang yang tidak diperkenankan melakukan tindak veneer gigi. Sebab tindakan tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih buruk lagi.

Tindakan ini juga tidak disarankan bagi Anda yang memiliki gigi dengan susunan berjejal parah. Sebab terdapat resiko peradangan gusi dan juga kemungkinan peningkatan penumpukan sisa makanan jika veneer tetap dilakukan.

Kapan Tindakan Veneer Gigi Diperlukan?

Veneer dilakukan dengan tujuan estetika atau keindahan yakni memperbaiki penampakan permukaan gigi dan menambah keindahan senyuman. Apalagi jika gigi mengalami kerusakan ataupun patah dan jufa berwarna kekuningan, maka tindakan veneer lebih disarankan dan biasanya dilakukan pada gigi bagian depan.

Kondisi yang memang memerlukan atau menjadikan veneer sebagai pilihan diantaranya seperti:
  • Gigi yang berubah warna menjadi kekuningan
  • Gigi patah
  • Gigi tidak teratur dengan tingkat kesulitan yang ringan
  • Gigi yang renggang
  • Gigi yang mengalami kerusakan

Kelebihan dan Kekurangan dari Tindakan Veneer Gigi

Setiap tindakan medis pasti memiliki sisi kekurangan dan juga kelebihan. Begitu pula halnya dengan tindakan veneer ini. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk prosedur pemasangan lapisan buatan di atas permukaan gigi untuk mengubah warna, bentuk, panjang atau lebar gigi, serta posisinya agar gigi kembali terlihat sehat dan utuh.

Biasanya, prosedur veneer dilakukan sebagai solusi dari gigi yang patah, renggang, berwarna kuning, atau berlubang.memahami terlebih dahulu setiap prosedur yang ingin dilakukan serta pertimbangkan kekurangan dan kelebihan yang ditimbulkan.

Berikut ini kelebihan dan juga kekurangan atau resiko dari veneer gigi, yang kami rangkum informasinya dari SehatQ.com.
  1. Gigi tampak lebih sehat
  2. Lebih tahan lama dibandingkan prosedur penambalan gigi biasa
  3. Pilihan warna yang detail menjadikan hasil akhir nampak alami seperti gigi asli
  4. Perawatan yang mudah
  5. Nyaman dan tidak mengganjal di mulut

Usai membahas kelebihannya, kini mari kita ulas resiko atau kekurangan yang ditimbulkannya.
  1. Veneer merupakan tindakan medis gigi permanen, sehingga usai melakukannya maka gigi tidak dapat dikembalikan seperti semula
  2. Efek dari pengikisan enamel, gigi menjadi lebih sensitif pada makanan panas maupun dingin
  3. Nyeri pada rahang akibat gigi bagian atas dan bawah tidak mampu mengatup sempurna
  4. Veneer bisa pecah ketika digunakan menggigit atau mengunyah makanan yang keras
  5. Pengecilan gusi akibat dari pengikisan enamel saat proses pencetakan
  6. Dapat berubah warna jika pengguna sering mengkonsumsi baik minuman ataupun makanan berwarna
Demikian penjelasan lengkap mengenai prosedur veneer gigi. Dengan memahami prosesnya, kekurangan dan juga kelebihannya diharapkan agar Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan menjalani tindakan medis ini demi mengikuti sebuah trend. Sebab, sesuatu yang hasil buatan tetap tidak dapat mengalahkan kualitas aslinya.

Posting Komentar untuk "Tahukah Anda yang Dimaksud dengan Tindakan Medis Veneer Gigi? Begini Penjelasannya Menurut SehatQ.com"