Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fisioterapi, Manfaat, Prosedur dan Efek Samping


Fisioterapi ini identik dengan masalah gerak tubuh manusia. Ada beberapa kalangan yang kerap melakukan fisioterapi, mulai dari atlet olahraga, penderita disabilitas dan sebagainya. Mereka membutuhkan penanganan agar tubuhnya bisa bergerak normal lagi setelah menderita masalah. Untuk itu, ketahui beberapa hal mengenai fisioterapi ini.

Apa Itu Fisioterapi ?

Fisioterapi merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk membuat fungsi tubuh kembali lagi setelah mengalami masalah. Tindakan medis ini bisa juga disebut terapi yang dilakukan kepada pasien yang mengalami cedera hingga disabilitas. Terapi ini hanya dilakukan oleh fisioterapis yang sudah memiliki izin praktek. Untuk melakukan fisioterapi, bisa langsung ke rumah sakit khusus yang menyediakan layanan ini, seperti Klinik NK Health.

Dengan melakukan fisioterapi, diharapkan gerak tubuh penderita akan kembali normal, kemudian menghindari rasa sakit. Dengan fisoterapi juga akan mempercepat penyembuhan dan menghindarkan dari cacat fisik. Maka dari itu, perlu untuk melakukan terapi ke fisioterafis yang sudah berpengalaman. Fisioterafis akan melakukan terapi manual, edukasi hingga rencana terapi kedepannya sampai benar-benar pulih.

Manfaat Fisioterapi 

Ada berbagai manfaat fisioterapi yang bisa didapatkan ketika melakukan fisioterapi. Mulai dari untuk mengatasi gangguan tulang belakang, gangguan jantung, fungsi otak, paru-paru, cedera akibat olahraga, patah tulang. Fisioterapi ini memang berguna untuk kesehatan manusia dalam jangka panjang. Fisioterapi dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri, mencegah disabilitas, mengatasi cedera atau pemulihannya.

Prosedur Fisioterapi

Umumnya, ada tiga tahapan dalam fisioterapi, semuanya diatur dalam rencana terapi sesuai dengan keluhan pasien.

Terapi manual 

Terapi ini dilakukan langsung oleh seorang fisioterapis. Dilakukan dengan memijat bagian yang bermasalah, membantu untuk gerak, dan membantu memposisikan bagian tubuh agar sesuai seperti semula. Pada tahap ini, pasien biasanya akan merasa sakit ketika dipijat dengan teknik khusus terapi.

Mulai latihan bergerak

Tujuan dari fisioterai ini berguna untuk memantu memulihkan gerakan tubuh seperti semula lagi. Fisioterafis akan membantu pasien untuk menggerakan bagian tubuh yang bermasalah. Ini dilakukan berulangkali sampai pasien merasa nyaman dan menujukan perubahan yang baik. Tak jarang fisioterafis akan menggunakan alat-alat khusus untuk lebih memudahkan.

Edukasi 

Pada tahapan ini, fisioterafis akan memberikan pembelajaran atau saran untuk orang yang selesai melakukan fisioterapi. Pembelajaran yang diberikan mengenai bagaimana menjalani aktivitas yang baik untuk menghindari masalah kembali terulang. Dengan edukasi ini, diharapkan pasien bisa menghindari hal-hal yang membuatnya kembali bermasalah, seperti cedera, patah tulang atau yang lainnya.

Efek Samping Fisioterapi 

Beberapa efek samping akan timbul dan dirasakan langsung oleh pasien. Setelah melakukan fisioterapi, tubuh akan merasa sakit, pegal-pegal, kelelahan hingga nyeri di bagian tubuh yang dilakukan terapi. Rasa panas juga akan dirasakan setelah dilakukan elektroterapi.

Klinik NK Health menjadi salah satu klinik yang direkomendasikan untuk menjalani fisioterapi. Pasien akan ditangani langsung oleh fisioterafis berpengalaman sehinga hasilnya bisa lebih maksimal. Lokasi prakteknya berada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Terdapat fasilitas untuk home visit service yang memungkinkan fisioterapi dilakukan di rumah.

Jika ingin melakukan fisioterapi di Klinik NK Health melalui fasilitas Buat Janji dari Halodoc. Situs kesehatan ini akan memudahkan Anda untuk mencari informasi kesehatan yang valid. Di Halodoc, Anda bisa mengetahui rekomendasi obat atau bahkan bertanya langsung dengan dokter. Jadi Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai kesehatan ke dokter dari rumah tanpa perlu ke rumah sakit. Cocok untuk Anda yang sibuk dengan pekerjaan, atau malas pergi ke luar rumah.

Posting Komentar untuk "Mengenal Fisioterapi, Manfaat, Prosedur dan Efek Samping"