Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kayu Ular Untuk Asam Urat

Manfaat Kayu Ular Untuk Asam Urat

Pernahkah Anda mendengar tanaman yang bernama kayu ular? Mungkin sebagian dari Anda belum pernah mendengarnya dan sebagian lagi sudah sering mendengar. Ya, kayu ular merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Papua.

Kayu ini sangat bermanfaat, dan bahkan dijadikan sebagai obat herbal. Salah satu manfaat kayu ular untuk asam urat. Seperti yang diketahui bahwa asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang terjadi karena kandungan purin dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau Untuk Asam Urat

Mengapa manfaat kayu ular untuk asam urat itu sangat baik? Hal ini karena dalam kayu ular terdapat kandungan sponin dan alkeolid di dalamnya. Tidak hanya itu, kayu ini juga memiliki antioksidan dan antimikroba yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit dan bukan asam urat saja.

Tanaman ini sendiri pertama kali ditemukan pada tahun 1910 oleh masyarakat Papua. Beberapa peneliti juga sudah melakukan penelitian terhadap tanaman ini. Berdasarkan penelitian tersebut, ternyata membuktikan bahwa kayu ular memang bermanfaat untuk mengobati asam urat.

Bagaimana Cara menggunakan Kayu Ular?

Untuk Anda yang masih bingung dengan tanaman ini, jadi Anda akan menemukan tanaman ini yang terjual bebas di pasaran dalam bentuk bongkahan kayu. Nah, untuk mengolahnya menjadi obat yang siap dikonsumsi, Anda hanya perlu menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  • Silahkan siapkan air mendidih. Nah, air mendidih ini digunakan untuk membersihkan kotoran debu yang menempel. Caranya bagaimana? Anda hanya perlu merendamnya kurang lebih selama dua menit saja
  • Jika sudah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah membelah kayu ular menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan
  • Setelah itu, masalah setiap belahan kayu yang Anda miliki seperti halnya Anda memasak sebuah teh dengan cara direbus
  • Minuman ini rasanya sangat pahit, oleh sebab itu untuk meminimalisir pahitnya, Anda bisa mencampurkannya dengan madu
  • Jika sudah, angkat dan simpan lagi kayu tersebut untuk digunakan kembali. Untuk Anda yang bertanya baiknya kayu ular direbus berapa kali, kayu ini bisa Anda rebus sampai ratusan kali. 


Tertarik untuk mencoba manfaat kayu ular untuk asam urat? Untuk Anda yang memiliki asam urat tidak ada salahnya mencoba ini. Agar tidak pahit, pastikan Anda menambahkan madu ke dalamnya ya.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kayu Ular Untuk Asam Urat"