Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kacang Hijau Untuk Asam Urat

Manfaat Kacang Hijau Untuk Asam Urat

Memiliki penyakit asam urat memang membuat penderitanya harus lebih hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Salah memilih makanan bisa berdampak pada meningkatnya akar asma urat di dalam tubuh.

Tahukah Anda, jika mengonsumsi kacang hijau ternyata juga sangat bermanfaat untuk penderita asam urat lho. Nah, di bawah ini akan dikupas secara tuntas manfaat kacang hijau untuk asam urat beserta dengan alasannya. Mau tahu? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Manfaat Kacang Edamame Untuk Asam Urat

Apa itu asam urat?

Asam urat atau yang disebut juga dengan uric acid adalah sebuah produk sisa metabolisme purin. Asam urat biasanya dihasilkan oleh makanan yang dikonsumsi. Normalnya, asam urat akan larut ke dalam darah dan nantinya akan disaring oleh ginjal dalam bentuk air kencing.

Dalam sebuah makanan, kadar purin dibedakan menjadi tiga jenis yakni purin tinggi, sedang dan rendah. Untuk purin tinggi adalah makanan yang mengandung 150-100 mg purin. Untuk sedang kandungan purinnya adalah 50-150 mg per 100 gram sajian. Sedangkan purin yang rendah adalah 50 mg per sajian 100 gram makanan.

Apakah kacang hijau memiliki kandungan purin yang tinggi? 

Bicara soal purin, kacang hijau sebenarnya memiliki kandungan purin yang tinggi atau tidak. Pasalnya, beberapa jenis kacang-kacangan memiliki kandungan purin dan itu berbahaya bagi penderita asam urat. Ternyata, kacang hijau termasuk jenis makanan yang memiliki kandungan purin yang rendah.

Hal inilah yang menjadikan manfaat kacang hijau untuk asam urat itu sangat baik. Ini juga sesuai dengan studi yang dilakukan pada tahun 2010 yang menyebutkan bahwa kacang hijau boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Kandungan purin pada kacang hijau hanya 40 miligram per cangkirnya. Bahkan, dengan mengonsumsi 10-19 gram kacang hijau per hari bisa dijadikan sebagai sumber protein. Namun, perlu Anda tahu tidak semua jenis kacang bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat ya. Hanya kacang hijau saja dengan demikian kebutuhan protein Anda tetap terpenuhi.

Bagaimana? Untuk Anda penderita asam urat, kini Anda tidak perlu khawatir lagi. Anda bisa mengonsumsi kacang hijau karena manfaat kacang hijau untuk asam urat itu baik dan bisa menambah sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Posting Komentar untuk "Manfaat Kacang Hijau Untuk Asam Urat"