SEO Checklist 2018

Posted on

SEO Checklist 2018 – Optimisasi mesin pencari (SEO) ada di pikiran setiap webmaster hari ini. Mencapai peringkat yang menguntungkan untuk kata kunci yang tepat dapat berarti aliran lalu lintas yang ditargetkan ke situs Anda, dan semuanya gratis – yang sulit dikalahkan. Kunci untuk peringkat mesin telusur tinggi adalah menyusun situs web Anda dengan benar, termasuk banyak konten yang relevan dengan kata kunci Anda, dan memastikan situs web Anda ramah-spider. Anda dapat menggunakan daftar periksa ini untuk memastikan semua halaman Web Anda dapat ditemukan, diindeks, dan diberi peringkat dengan benar:

Situs web Anda bertema.

Situs Anda berhubungan dengan tema yang dapat diidentifikasi yang jelas dari teks di halaman beranda dan diperkuat oleh semua halaman lain di situs Anda. Dengan kata lain, semua halaman web individu berhubungan satu sama lain dan berhubungan dengan berbagai aspek dari beberapa tema sentral. Teks di halaman rumah Anda harus menyatakan dengan jelas apa tema itu dan apa situs web Anda tentang, dan halaman-halaman lain harus memperkuat itu. Baca jugaBelajar Internet Marketing Untuk Pemula

Halaman web Anda memiliki kualitas yang cukup tinggi, konten yang relevan.

Laba-laba datang ke situs web Anda mencari konten. Jika halaman tidak memiliki banyak konten, atau konten tidak muncul terkait erat dengan judul halaman dan tema situs web Anda, halaman mungkin tidak akan diindeks atau jika diindeks tidak akan memiliki peringkat yang baik. Mesin pencari menyukai konten berkualitas dan banyak konten – konten adalah apa yang dicari oleh para pencari Web dan mesin pencari coba sediakan.

Struktur navigasi situs web Anda relatif datar.

Anda tidak ingin laman penting terlalu “dalam” di situs web Anda, yang berarti dibutuhkan beberapa klik untuk sampai ke sana dari laman beranda. Mesin pencari biasanya mengindeks halaman beranda terlebih dahulu, kemudian secara bertahap mengindeks halaman lain di situs dari waktu ke waktu. Banyak indeks diprogram untuk hanya masuk tiga lapis – jika beberapa konten penting Anda terkubur lebih dalam dari itu, mungkin tidak akan pernah ditemukan dan diindeks sama sekali.

Anda telah membuat tag “Judul” unik untuk setiap halaman.

Judul adalah salah satu aspek terpenting dari setiap halaman Web dari sudut pandang SEO, terutama untuk Google (yang merupakan mesin pencari paling penting untuk dioptimalkan). Jangan gunakan judul generik untuk semua halaman Anda, gunakan kata kunci penargetan Anda untuk halaman itu dan tetap singkat tetapi deskriptif.

Anda menggunakan tag meta “Deskripsi”.

Berisi kalimat yang sangat deskriptif tentang konten dan tujuan halaman Anda, dan berisi frase kata kunci Anda yang paling penting di awal kalimat. Tidak semua mesin pencari akan menampilkan deskripsi “kaleng” ini ketika mereka daftar halaman dalam hasil pencarian, tetapi banyak dari mereka yang akan melakukannya, jadi layak untuk mendapatkannya dengan benar. Baca Juga: Arti Status JNE Terbaru 2017

Kata kunci Anda termasuk dalam konten halaman terlihat, sebaiknya tinggi di halaman.

Anda harus mencapai keseimbangan di sini – Anda ingin memasukkan frase kata kunci (dan variasi) beberapa kali dalam teks Anda, tetapi tidak begitu banyak kali Anda tampak bersalah karena “penjejalan kata kunci”. Triknya adalah bekerja kata kunci ke dalam teks sehingga terbaca sealami mungkin bagi pengunjung situs Anda. Ingat, Anda dapat menggabungkan kata kunci ke dalam elemen halaman Web apa pun yang berpotensi dapat dilihat oleh pengunjung situs – teks header, teks tautan dan judul, keterangan tabel, atribut “Alt” dari tag gambar, atribut “judul” dari tag tautan, dll.

Setiap halaman situs web Anda dapat dihubungi oleh spider mesin telusur.

Ini sangat penting – jika halaman Anda tidak dapat ditemukan, mereka tidak dapat diindeks dan dimasukkan dalam hasil pencarian, apalagi peringkat yang baik. Mesin pencari menggunakan spider untuk menjelajahi situs web Anda dan mengindeks halaman, sehingga setiap halaman harus dapat diakses dengan mengikuti tautan teks. Jika halaman memerlukan kata sandi untuk dilihat, dihasilkan oleh skrip sebagai tanggapan atas permintaan, atau memiliki URL panjang dan rumit, spider mungkin tidak dapat membacanya. Anda harus memiliki tautan teks sederhana ke halaman yang ingin diindeks.

Anda telah menyertakan peta situs / sitemap.

Kecuali situs Anda sangat kecil, itu ide yang baik untuk membuat peta situs dengan tautan teks yang Anda tautkan ke peta situs dari laman beranda Anda. Selain tautan, sertakan teks deskriptif untuk mengandung kata kunci yang relevan untuk setiap halaman.

Anda menautkan ke halaman terpenting Anda dari halaman lain di situs Anda / Internal Link.

Tautan internal membantu menentukan peringkat halaman karena menunjukkan halaman mana dari situs Anda yang paling penting. Semakin banyak tautan yang Anda miliki untuk sebuah halaman, relatif terhadap halaman lain di situs Anda, semakin penting mesin pencari akan menugaskannya.

Anda menggunakan kata kunci dalam teks tautan Anda.

Saat Anda membuat tautan teks ke halaman lain di situs Anda, gunakan kata kunci bertarget halaman tersebut sebagai text untuk tautan (di dalam tag anchor yang membuat tautan). Jadikan seeksriptif mungkin. Misalnya, tautan yang mengatakan “Widget Khusus Premium” jauh lebih baik daripada yang hanya mengatakan “Laman Produk”, dan menunjukkan kepada spider mesin telusur apa itu laman yang tertaut.

Situs Anda tidak menggunakan bingkai.

Jika memungkinkan, jangan gunakan bingkai pada halaman apa pun yang ingin diindeks oleh mesin pencari. Jika Anda merasa Anda harus menggunakan frame untuk sebuah halaman, maka gunakan juga tag HTML “noframes” untuk menyediakan teks alternatif yang dapat dibaca oleh spider (dan buat teks tersebut deskriptif bukan hanya pemberitahuan bahwa “Situs ini menggunakan bingkai dll. dll. “).

Anda tidak menggunakan pengalihan halaman otomatis / Redirect.

Jangan membuat halaman apa pun secara otomatis mengarahkan pengunjung ke halaman lain (pengecualian adalah halaman yang telah Anda hapus untuk selamanya – dalam hal ini Anda harus menggunakan “pengalihan 301”, pengalihan permanen yang dapat diterima oleh mesin telusur).

Gambar dalam Konten.

Mesin pencari spider tidak dapat “membaca” konten dalam file JPEG, GIF, atau PNG. Jika Anda benar-benar merasa bahwa menggunakan gambar daripada teks sangat penting untuk desain Anda, setidaknya tuliskan teks yang sama pada tag “Alt” gambar (atau pada tag “title” jika Anda menggunakan gambar sebagai hyperlink).

Minimalisir file Flash dalam konten.

Flash adalah teknologi yang luar biasa, tetapi sayangnya spider tidak memiliki “plugin” yang diperlukan untuk melihat file Flash. Akibatnya, konten Flash sebagian besar tidak dapat diakses oleh spider mesin telusur. Beberapa dapat menemukan dan mengikuti hyperlink dalam file Flash, tetapi kecuali tautan tersebut mengarah ke halaman dengan konten HTML yang dapat dibaca, ini tidak akan banyak membantu Anda. Jangan membuat semua-halaman Flash untuk konten apa pun yang ingin diindeks – sebagai gantinya, letakkan konten tersebut di bagian HTML laman.

Tautan dan kata kunci tidak disembunyikan di dalam kode JavaScript.

Jika tautan Anda menggunakan JavaScript untuk mengarahkan pengguna ke halaman yang sesuai (misalnya, daftar drop-down) atau konten penting terdapat dalam kode JavaScript (saat ditampilkan secara dinamis menggunakan DHTML, misalnya) spider mesin telusur tidak akan dapat untuk melihatnya. Namun, Anda dapat menggunakan tag HTML “noscript” untuk memberikan alternatif yang dapat dibaca oleh spiders.

Anda telah mengoptimalkan setiap laman penting dari situs web Anda satu per satu.

Jangan berhenti di halaman Utama Anda. Ambillah masalah untuk mengoptimalkan halaman apa pun yang memiliki peluang yang wajar untuk diindeks oleh mesin pencari utama, menargetkan kata kunci yang sesuai untuk masing-masing. Jika Anda menghadapi banyak persaingan, hampir tidak mungkin mendapatkan peringkat teratas untuk laman beranda Anda, tetapi Anda masih bisa mendapatkan banyak lalu lintas mesin telusur ke situs Anda dari laman lain yang difokuskan pada frasa kata kunci yang sangat spesifik.

Tidak Duplikat konten.

Setiap halaman situs Anda harus memiliki konten unik yang membedakannya dari setiap halaman lain di situs Anda. Menggandakan konten atau memiliki laman yang hanya sedikit berbeda dapat dilihat sebagai “spam mesin telusur” (mencoba memanipulasi hasil mesin telusur). Anda memberikan petunjuk penautan bagi mereka yang ingin menautkan ke situs Anda.

Di suatu tempat di situs Anda, sebutkan kebijakan Anda tentang orang lain yang menautkan ke situs Anda dan berikan kata-kata yang Anda ingin mereka gunakan di tautan mereka. Anda ingin mendorong orang lain untuk menautkan ke situs Anda, lebih baik menggunakan teks tautan dan deskripsi yang mencerminkan kata kunci untuk halaman itu. Demi kenyamanan mereka, berikan kode HTML siap pakai untuk tautan – tidak semua orang akan menggunakannya, tetapi paling sering mereka akan menggunakan teks pilihan Anda sebagai kesopanan asalkan itu benar-benar deskriptif dari situs Anda dan tidak mengandung “hype pemasaran “. Anda memberikan petunjuk penautan untuk mereka yang ingin menautkan ke situs Anda.

Baca juga: Tips Memilih Domain yang Bagus

Tautan teks lebih baik dari sudut pandang SEO daripada tautan gambar, karena spider tidak dapat membaca teks dari file gambar. Jika Anda merasa Anda benar-benar harus menggunakan grafik sebagai tautan, setidaknya sertakan deskripsi teks yang (termasuk kata kunci yang relevan) dengan menggunakan atribut “judul” dari tag tautan. Situs web Anda bebas dari kesalahan pengkodean dan tautan yang rusak. Kesalahan pengkodean HTML dan tautan yang tidak berfungsi dapat membuat spider mesin telusur tidak membaca dan mengindeks laman Anda dengan benar.

Karena itu, ada baiknya menggunakan utilitas validasi halaman web untuk memeriksa kode HTML Anda untuk memastikan itu bebas dari kesalahan.