Beberapa Macam Alat Oksigenasi

Posted on

alat oksigenOksigen merupakan unsur penting untuk kelangsungan hidup manusia. Kita patut bersyukur karena kita tidak harus membayar untuk mendapatkannya. Lain halnya dengan saudara kita yang sakit. Terkadang ada yang kekurangan oksigen, terganggu pernapasannya, dan juga tidak bisa mengambil oksigen secara bebas di udara luar. Mereka yang memerlukan oksigen biasanya membutuhkan alat – alat kesehatan khusus untuk oksigenasi.

 

Tahukah anda mengenai alat oksigenasi ? Alat oksigenasi pasti ada di Rumah Sakit dan pusat layanan kesehatan lainnya. Tapi tidak jarang juga banyak orang yang membelinya untuk digunakan secara pribadi di rumah. Berikut ini beberapa macam alat – alat oksigenasi secara umum.

1. Tabung Oksigen

Jika anda pernah berkunjung ke Rumah Sakit, anda pasti akan mendapati sebuah tabung yang berwarna biru atau hitam dan terkadang juga putih. Diatas tabung terdapat sebuah regulator dan selang yang disambungkan menuju mulut dan hidung pasien. Itulah tabung oksigen. Tabung ini berisi oksigen murni yang sewaktu – waktu digunakan pada saat dibutuhkan. Harga tabung oksigen di toko alat kesehatan tidak terlalu mahal, oleh karenanya banyak yang memiliki tabung oksigen dirumah untuk kebutuhan dirinya.

2. Oksigen Concentrator

Oksigen Concentrator merupakan sebuah alat penghasil oksigen. Prinsip kerja alat ini yaitu menghisap udara dari luar kemudian mengkonsentrasikan dan memisahkan unsur – unsur yang ada hingga tersisa unsur O2. Kemudian dengan sitem aliran oksigen ini dialirkan untuk kebutuhan paien. Kelebihan alat ini dibandingkan dengan tabung oksigen yaitu tidak perlu isi ulang, karena oksigen dihasilkan dari alat ini. Bila anda mencari toko alat medis yang jual oxygen concentrator, anda bisa kunjungi www.gloryamedica.com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk ini.

3. Oksigen Portable

Ada juga alat oksigenasi yang biasanya digunakan oleh penderita penyakit asma. Oksigen dalam botol kecil yang siap pakai. Seorang penderita penyakit gangguan pernapasan seperti asma dan sejenisnya terkadang membutuhkan oksigen ketika serangan asma menyerang. Sehingga dengan adanya alat ini, banyak orang merasa sedikit teratsi ketika mereka merasakan sesak pada saat beraktifitas.