Semakin Cantik Setelah Membersihkan Wajah Dengan Benar

Posted on

tips mencuci wajah

Penelitian menunjukkan bahwa 50% wanita tidak mencuci wajah mereka dengan benar dan tidak menggunakan produk cuci muka yang tepat sekalipun sudah secara teratur membersihkan wajah.

Pekerjaan yang menumpuk dan perjalanan pulang yang melelahkan merupakan faktor terbesar yang membuat para wanita membersihkan wajah dengan sembarangan. Padahal membersihkan wajah secara sembarangan dapat menyebabkan pori tersumbat, memicu jerawat hingga menyebabkan penuaan dini. Selain itu, menyepelekan cara membersihkan wajah dengan benar juga dapat mempengaruhi kondisi kulit lho.

Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk lebih memahami cara membersihkan wajah dengan tepat agar impian memiliki wajah halus, cerah, segar dan bersinar dapat terwujud.

Ketahui Jenis Kulit Anda

Anda harus mengetahui jenis kulit wajah Anda dengan baik agar jenis pembersih wajah yang Anda gunakan lebih tepat. Wanita dengan jenis kulit wajah berminyak mempunyai pori-pori wajah yang besar dan terlihat mengkilap sehingga dianjurkan untuk memakai sabun pembersih wajah yang bebas minyak dan menggunakan toner yang dapat menghilangkan minyak berlebih. Untuk kulit wjah berminyak, pembersih wajah gel juga sangat dianjurkan karena dapat membersihkan minyak dengan baik. Untuk kulit wajah kering dan bersisik, disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas alkohol.

Menjaga Kebersihan Merupakan Poin Penting

Setelah mengetahui jenis kulit dan pembersih wajah yang tepat, selanjutnya Anda harus selalu menjaga kebersihan wajah Anda agar tidak kusam dan bebas jerawat. Di bawah ini merupakan langkah-langkah membersihkan wajah yang perlu Anda ketahui demi tercapainya wajah yang cerah, halus dan bersinar.

  • Bersihkan make up sebelum mencuci wajah dengan air

Anggapan membersihkan wajah hanya dengan menggunakan sabun ternyata keliru. Cara membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan make up terlebih dahulu dengan cairan remover.

  • Membersihkan dengan lembut

Selain menggunakan jari, Anda bisa menggunakan sponge atau waslap khusus wajah. Usap perlahan wajah menggunakan sabun dan basuh dengan air hangat. Sebaiknya jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas karena dapat merusak pembuluh kapiler.

  • Cara mengeringkan wajah

Jangan gunakan handuk pengering yang menggantung di wastafel karena banyak bakteri yang menempel. Keringkan dengan handuk secara lembut dan perlahan.

Ingatlah untuk tidak berlebihan saat membersihkan wajah. Mencuci wajah terlalu sering justru sama sekali tidak dianjurkan. Bahkan ketika kondisi wajah sedang berjerawat, membersihkan wajah terlalu sering juga tidak dianjurkan. Semoga bermanfaat.